Saturday, January 7, 2012

KASUS-KASUS PENDERITAAN

KASUS-KASUS  MENGENAI PENDERITAAN

1.Wanita yang memiliki penyakit kanker payudara

Seorang wanita berumur 50 tahun menderita penyakit kanker payudara terminal dengan metastase yang telah resisten terhadap tindakan kemoterapi dan radiasi. Wanita tersebut mengalami nyeri tulang yang hebat dimana sudah tidak dapat lagi diatasi dengan pemberian dosis morphin intravena. Hal itu ditunjukkan dengan adanya rintihan ketika istirahat dan nyeri bertambah hebat saat wanita itu mengubah posisinya. Walapun klien tampak bisa tidur namun ia sering meminta diberikan obat analgesik, dan keluarganya pun meminta untuk dilakukan penambahan dosis pemberian obat analgesik. Saat dilakukan diskusi perawat disimpulkan bahwa penambahan obat analgesik dapat mempercepat kematian klien.


2.Derita TKI di Luar Negeri


CERITA sedih TKW kita di negeri orang seakan-akan tidak ada habis-habisnya, setiap bulan hampir selalu ada pemberitaan tentang nasib “pahlawan-pahlawan” devisa.
Dalam satu minggu ini saja, kabar buruk datang dari Arab Saudi. Masih jelas baru beberapa hari lalu,  Sumiyati binti Mustafa warga Dompu yang bekerja di Arab Saudi mengalami penyiksaan di luar batas peri kemanusiaan. Belum selesai kasus Sumiyati diusut, malah tersiar khabar lebih tragis dengan ditemukannya jenazah Kikim Komalasari TKW asal Cianjur Jaba Barat di tempat sampah. Kikim diguga tewas kerana disiksa majikannya.
Seakan kejadian ini terus berulang dan berulang, pahlawan devisa yang meregang nyawa ataupun mengalami siksaan begitu hebat pemerintah hanya mengirim nota protes. Harus banyak yang dibenahi dalam sistem database dan cara pengiriman TKI-TKW sehingga kejadian-kejadian sama seperti yang menimpa Sumiyati dan Kikim tidak akan terjadi lagi.

0 comments:

Post a Comment