Sunday, April 8, 2012

10 Makanan Penambah Kecerdasan



Penelitian membuktikan, kekurangan 1 mineral dan vitamin yang penting untuk otak bisa menurunkan kesiagaan mental otak. Pola makan yang kaya buah dan sayuran, gandum, ditambah dengan daging dan ikan dapat mencukupi kebutuhan mineral dan vitamin utama yang diperlukan bagi kesehatan fisik dan mental.

                Apa saja bahan makanan yang dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak, memperbaiki fungsinya, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi serta berpikir anak-anak? Berikut 10 bahan makanan yang baik untuk kesehatan otak:

1)  Salmon

          
Ikan salmon merupakan penghasil terbaik asam lemak omega-3 (DHA dan EPA) yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak kita. Riset terbaru menunjukan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak omega-3 lebih banyak, memiliki pemikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan. Walaupun ikan tuna juga mengandung asam lemak omega-3, namun para ahli memaparkan bahwa ikan salmon lebih banyak mengandung asam lemak omega-3.

2)  Telur

             
Sumber penting protein yang relatif murah dan harganya cukup terjangkau ini ternyata mempunyai manfaat yang besar bagi kecerdasan otak kita. Bagian kuning telur ternyata padat akan kandungan kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat kita.


3)  Selai Kacang
 
                Kacang tanah/peanut dan selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E. Vitamin ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran-membran sel saraf. Bersama thiamin, vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi.

4)  Gandum Murni
 

                  
Otak membutuhkan suplai atau ketersediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Gandum murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Serat yang terkandung dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf.
 
5)  Oat/Oatmeal

              
Oat kaya akan nutrisi penting bagi otak, oat juga dapat menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhkan oleh kita ketika mengawali aktivitas di pagi hari. Kaya akan kandungan serat, oat akan menjaga otak kita agar tetap terpenuhi kebutuhannya di sepanjang pagi. Oat juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potassium dan mineral seng yang membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh.

6)  Berry/buah-buahan
 

               
Strawberry, cherryberry, blueberry dan blackberry (bukan merk HP). Secara umum, semakin kuat warnanya, semakin banyak pula nutrisi yang dikandungnya. Berry mengandung antioksidan kadar tinggi, khususnya vitamin C, yang bermanfaat mencegah kanker.

7)  Daging Sapi tanpa lemak
 

         
Zat besi adalah jenis mineral esensial yang akan membantu kita tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolah, kampus, atupun kantor. Daging sapi tanpa lemak adalah salah satu sumber makanan yang mengandung banyak zat besi. Dengan hanya mengonsumsi 1 ons per hari, maka tubuh kita akan terbantu dalam penyerapan zat besi dari sumber lainnya. Daging sapi juga mengandung mineral seng yang dapat membantu memelihara daya ingat.

8)  Sayuran Berwarna
 

              
Sayuran berwarna seperti tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, dan bayam adalah sayuran yang kaya nutrisi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat. dengan mengkonsumsi sayuran setiap harinya bagi wanita, dapat mengurangi resiko terkena diabetes sebanyak 9 percent, karena kandungan sayuran tersebut seperti rendah kalori dan lemak, antioksidan yang tinggi, serat, bermacam vitamin dan mineral.

9)  Susu dan Yogurt

               
Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Susu dan yogurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya sekaligus menjadi sumber energi bagi otak.

10)  Kacang-kacangan
 

            Makanan ini memiliki energi yang berasal dari protein serta karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang kaya akan kandungan serat, vitamin dan mineral. Kacang juga makanan yang baik untuk otak karena dapat mempertahankan energi dan kemampuan berpikir pada puncaknya di sore hari jika dikonsumsi saat makan siang. 

             Menurut hasil penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asal lemak omega-3 daripada jenis kacang lainnya, khususnya ALA jenis asal omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak .

              Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak vitamin D bahkan 10 kali dari dosis yang direkomendasikan. Vitamin D adalah vitamin yang juga penting bagi sistem saraf otot dan siklus hidup sel-sel manusia secara keseluruhan.

0 comments:

Post a Comment