Saturday, November 8, 2014

Ciri-Ciri Entrepreneur

            Entrepreneur sering diartikan dengan istilah wiraswasta atau wirausaha. Menurut Wasty Soemanto (1993), wiraswasta adalah keberanian, keutamaan serta  kepercayaan dalam memenuhi kebutuhan serta memecahkan permasalahan hidup dengan kekuatan yang ada pada diri sendiri. Dengan demikian, pengertian wiraswasta bukan hanya bersifat partikelir saja, melainkan memiliki sifat-sifat keberanian, keuletan, dan ketabahan dalam melaksanakan tugas-tugas dengan menggunakan kekuatan diri sendiri. Entrepreneur menurut para ahli dipaparkan sebagai berikut:

Menurut Thomas W. Zimmerer (2008) entrepreneurship (kewirausahaan) adalah penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari.
Menurut Rostand yang dialih bahasakan oleh winardi (2003:23) mengemukakan entrepreneurship adalah sebagai berikut sebuah proses dinamika dimana orang menciptakan kekayaan inkremental. Kekayaan tersebut diciptakan oleh individu-individu yang menanggung resiko utama, dalam wujud resiko modal, waktu dan komitmen karier dalam hal menyediakan nilai untuk produk atau jasa tertentu.
Menurut Zimmerer yang dialih bahasakan oleh Buchari Alma (2007:67) mengemukakan Entrepreneur merupakan satu kelompok yang mengagumkan, manusia kreatif dan inovatif. Mereka merupakan bahan bakar pertumbuhan ekonomi masyarakat, karena ia memiliki kemampuan berfikir dan bertindak produktif.
Menurut Buchari Alma (2007:26) mengatakan bahwa entrepreneurship adalah sebagai berikut kegiatan individual atau kelompok yang membuka usaha baru dengan maksud memperoleh keuntungan (laba), memelihara usaha itu dan membesarkannya, dalam bidang produksi atau distribusi barang-barang ekonomi atau jasa.
Menurut Andrew J. Dubrin (2008) entrepreneur adalah seseorang yan mendirikan dan menjalankan sebuah usaha yang inovatif.

Ciri-ciri Entrepreneur
        Menurut Prof. Dr. Mahar Mardjono mengemukakan ciri-ciri entrepreneur yang harus dimiliki  seorang enrtre penur adalah sebagai berikut:
1.        Kemampuan berorientasi pada tujuan atau sasaran dalam membangun hubungan kerja
2.        Mampu menghadirkan suasana personal kepemimpinannya efektif.
3.        Memiliki inovasi
4.        Menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.
5.        Memiliki kreatifitas yang tinggi untuk menghasilkan sesuatu yang berbeda
6.        Selalu mengikuti perubahan baik perubahan tekhnologi atau selera pasar
7.        Mampu bekerja secara efektif dan efisien.
8.        Memiliki komitmen dan konsistensi

Ada lima ciri seorang disebut sebagai entrepreneur diantaranya yaitu

1.        Berani mengambil resiko
Seorang entrepreneur harus berani memulai sesuatu yang serba tidak pasti dan penuh risiko. Dalam hal ini, tentu tidak semua risiko yang diambil, melainkan    hanya risiko yang telah diperhitungkan secara cermat.

2.        Siap menghadai tantangan
Segala sesuatu yang dilihat sebagai tantangan bukan masalah. Perubahan yang terus terjadi dan zaman yang serba canggih menjadi motivasi kemajuan, bukan menciutkan nyali seorang entrepreneur unggulan. Dengan demikian, seorang entrepreneur akan terus memacu dirinya untuk maju, mengatasi segala hambatan.

3.        Bersabar menghadapi masalah
Seorang entrepreneur harus banyak akal dan tidak mudah putus asa. Ia harus selalu mampu bangkit dari kegagalan dan tekun.

4.        Memiliki visi jauh kedepan
Segala yang dilakukan punya tujuan jangka panjang meski dimulai dengan langkah yang amat kecil. Ia punya target untuk jangka waktu tertentu. Usahanya bukan karena latah (ikut-ikutan).

5.        Selalu berusaha menjadi yang terbaik
Entrepreneur akan mengarahkan semua potensi yang dimilikinya. Jika hal itu dirasa kurang, ia akan merekrut orang-orang yang lebih berkompeten agar dapat memberikan yang terbaik untuk pelanggan.

Sumber:
http://eprints.uny.ac.id/3364/1/artikel1.doc
http://e-journal.uajy.ac.id/492/3/2MTS01575.pdf
http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/323/jbptunikompp-gdl-ajigumilar-16129-3-babii.doc.

0 comments:

Post a Comment