Saturday, November 8, 2014

12 Cara Menghilangkan Rasa Kantuk



Rasa kantuk merupakan hal yang sering kita jumpai ataupun kita alami sendiri. Hal tersebut sangatlah wajar bila menghampiri kita. Apalagi saat rasa lelah tiba. Tapi, terkadang rasa kantuk itu selalu menghampiri kita di saat-saat yang tidak tepat. Misalnya ketika belajar di sekolah, bekerja di kantor, atau pun dalam saat-saat penting lainnya. Biasanya, orang yang memiliki rasa kantuk berlebihan ini biasa disebut hipersomnia.
Kebanyakan orang  penderita rasa kantuk berlebihan biasanya disebabkan oleh pola tidur yang salah atau tidak tepat, seperti bergadang, terlalu lelah, kebosanan atau bahkan karena bawaan. Untuk Anda yang biasa mengalami rasa kantuk berlebihan yang membuat anda menjadi tidak produktif dan dimarahi atasan atau guru disekolah.
Berikut merupakan cara agar rasa kantuk yang bisa diatasi atau pun diantisipasi dalam keadaan bekerja maupun belajar disekolah:

1. Tidur cukup
Inilah penyebab utama kenapa Anda merasa selalu mengantuk, bahkan boleh dikatakan super ngantuk. Usahakanlah untuk tidur 8 jam sehari, dan biasakan untuk tidur pada jam 9 malam, karena waktu tersebut merupakan waktu paling optimal untuk tidur. Selain membantu menghilangkan rasa kantuk Anda, tidur cukup menurut penelitian juga dapat menghilangkan berbagai penyakit lainnya, seperti stress, darah tinggi dan lain-lain.

2. Melakukan olah raga ringan
Olah raga ringan tidak hanya jogging. Berdiri dari tempat duduk, jalan di tempat sambil mengayunkan tangan juga merupakan olah raga ringan. Hal ini dapat membantu menghilangkan rasa kantuk.

3. Minum air putih
Banyak menguap menandakan bahwa kita mengantuk juga menandakan bahwa kita kekurangan oksigen ke otak. Hal tepat yang bisa dilakukan adalah meminum banyak air putih. Air putih mengandung oksigen, sehingga asupan oksigen ke dalam tubuh kita lebih banyak dan kita dapat kembali berkonsentrasi.

4.Tarik nafas
Menurut penelitian, ketika Anda menguap berarti kadar oksigen dalam otak Anda sedang berkurang. Karena menguap juga merupakan salah satu ciri Anda sedang mengantuk. Untuk mengatasinya, cobalah tarik nafas dalam-dalam tahan sekitar 5 detik kemudian embuskan selama 5 detik. Lakukan hal ini beberapa kali sampai membuat Anda merasa segar kembali. 

5. Mencuci muka dengan air dingin
Mencuci muka dengan air dingin selain menyegarkan juga menghilangkan rasa kantuk yang melanda. Namun jika rasa kantuk Anda sudah tidak bisa dihilangkan sama sekali, terlelap selama 5-6 menit tidak ada salahnya.

6. Cobalah ganti posisi tubuh Anda
Jika Anda masih ngantuk juga, mungkin posisi duduk Anda yang kurang tepat. Karena cara duduk yang salah juga bisa jadi penyebab rasa kantuk. Anda bisa mencoba duduk dengan posisi tegak sambil menyilangkan kaki. Menegakkan punggung dapat membuat Anda lebih berkonsentrasi sehingga kita kembali fokus dan rasa kantuk itu terusir dengan sendirinya. Atau coba untuk berdiri sebentar kemudian duduk lagi.

7. Merias Wajah
Saat mengantuk tidak ada salahnya bermain dengan make-up untuk menghilangkan rasa tersebut. Wajah lesu Anda seketika akan segar berkat make-up. Semprotkan face water dan oleskan pelembab. Aplikasikan juga lip gloss. Dengan cara ini, wajah Anda akan lebih segar dan cerah.

8. Buat Minuman Teh Hijau

Selain kopi, teh hijau juga mengandung kafein. Namun teh hijau lebih baik karena memberikan tubuh banyak antioksidan. Teh hijau juga bagus untuk menjaga stamina tubuh Anda.

9. Rapikan Meja

Sedikit banyaknya meja memberi pengaruh pada kinerja kerja. Meja kerja yang berantakan semakin membuat Anda tidak bersemangat sehingga jadi mengantuk. Dengan membersihkan meja, Anda melakukan aktivitas fisik yang juga mempengaruhi kinerja otot sehingga membuat tubuh lebih segar. Setelah meja bersih Anda pun lebih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan.

10. Pasang Musik
Hidupkan musik dari handphone atau gadget Anda. Pakai earphone untuk mendengarkan musik untuk mengusir rasa kantuk. Musik akan membangkitkan semangat. Lupakan lagu-lagu slow dan beralihlah ke musik hip hop atau rock and roll yang membuat tubuh Anda sedikit bergoyang. Ingat, pakai headset saat mendengarkan musik agar rekan lain tidak terganggu.

11. Makan Camilan Sehat

Camilan sehat dapat meningkatkan energi lebih lama. Kacang-kacangan, yoghurt dan buah bisa mengusir kantuk dan dapat meningkatkan konsentrasi.

12. Istirahatkan Mata


Berlama-lama di depan komputer membuat mata menjadi lelah. Dengan mengalihkan pandangan dari komputer membuat mata menjadi lebih rileks. Anda bisa membaca majalah, menutup mata sejenak atau melihat pemandangan di luar jendela.

4 comments:

Thanks for info, jangan lupa kunjungi website kami juga https://bit.ly/2A5hggE

makasih atas infonya, dan jangan lupa kunjungi balik http://bit.ly/2CTxqfK

Buat Anda Yang Pecinta " GAME ",
BOSAN !!!!!

Anda Bermain " GAME " Yang Tidak Bisa Menghasilkan Uang...
Kami Disini Memberikan " TIPS " Buat Anda, Agar Anda Tidak " Menyesal ",
Karena " GAME " Ini Dapat Berikan Uang Yang Banyak Kepada Anda, Bahkan Sampai "PULUHAN JUTA"...
Bahkan " GAME " Ini, Ada "PROMO BUAT ANDA SEMUANYA", Pengen Tahu " GAME " Apa Itu ???
(PIN BBM : 7AC8D76B)

PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA

Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino

Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
* Minimal Deposit : 20.000
* Minimal Withdraw : 20.000
* Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
* Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat
* Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
* Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
* Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
* Poker Online Terpercaya
* Live chat yang Responsive
* Support lebih banyak bank LOKAL


Contact Us

Website SahabatQQ
WA 1 : +85515769793
WA 2 : +855972076840
LINE : SAHABATQQ
FACEBOOK : SahabatQQ Reborn
TWITTER : SahabatQQ

Daftar SahabatQQ
#sahabatQQ #winsahabat #windaftar #AgenBandarQ #Domino99 #DominoQQ #Rajakartu99 #IDPRO

Post a Comment